22 April 2009

Mirota Batik, Belanja ga pake nawar di malioboro

Kalau ke Jogja, saran saya sempatkan beli oleh-oleh di Mirota Batik. Mirota Batik letaknya di daerah Malioboro, tepatnya di Jl. A. Yani No.9 Telp. 0274-588524 Yogyakarta. Kalau menurut keterangan teman saya yang asli jogja, katanya Mirota Batik ini merupakan perusahaan keluarga mirota. Makanya ga heran, di jogja ini banyak sekali toko yang memakai nama Mirota, mulai dari swalayan sampai toko souvenir yang berbau jogja.

Di mirota batik ini banyak barang souvenir khas jogja. Beberapa orang lebih memilih Mirota Batik untuk beli oleh2 khas Jogja, khususnya buat orang yang malas menawar seperti di emperan malioboro dan pasar beringharjo, katanya si harganya ga beda jauh. Padahal kalau saya pikir2 suasana di Mirota batik ini juga kaya pasar sih karena dua kali saya kesini ko rameeee banget tapi enaknya tidak ada proses tawar menawar dan suasananya bersih. Barang2 yang ditawarkan di mirota batik antara lain batik2 khas jogja, baju, handy craft khas jogja dengan mutu dan kualitas standar sampai yang bagus banget. O, iya jangan kaget juga kalau baru pertama kali datang ke Mirota batik ini mencium bau2 seperti hio (wangi dupa yang dicium kalau kita ke kuil2 gitu) karena memang sudah cirri khasnya seperti itu kali yah. Terus kalau masih butuh peta jogja, langsung mampir aja ke tempat penitipan barang di mirota batik ini karena disitu kita bisa ambil satu lembar peta jogja warna kuning deket sama penitipan tas untuk kita ambil gratis.

Mirota batik ini terdiri dari 2 lantai, lantai pertama diisi dengan baju2, batik, terus ada juga andong dan piano serta beberapa benda lain yang tidak dijual tapi hanya sebagai penghias ruangan saja. Lalu di lantai dua baru diisi barang-barang souvenir dan kerajinan khas jogja, mulai dari gentong, tas, sandal, wewangian, pokoknya barang2 dari kayu yang natural gitu deh, rasanya pengen beli semuanya deh, abisnya lucu2 dan unik2 semua. Di lantai 1 suka ada SPG/SPB yang memakai pakaian ala jawa dan menawarkan minuman/makanan, seru deh jadi kerasa banget jawanya.

Tidak ada komentar: