21 November 2008

Gua Maria Kerep Ambarawa



Setelah beres-beres di Hotel Rawa Pening jam 10 malam kita berangkat ke Gua Maria Kerep Ambarawa yang hanya makan waktu 30 menit saja dengan memakai mobil pribadi dari hotel Rawa Pening tempat kami menginap.

Jalan masuk ke Gua Maria Kerep terletak diseberang Terminal Bis Ambarawa. Terminal Bis Ambarawa nya sendiri terletak dijalan yang mengarah keluar kota, dari terminal bis tersebut diseberang jalan terdapat papan petunjuk yang jelas mengarah ke Gua Maria Kerep. Hanya sekitar 900 meter saja dari jalan masuk tersebut kami sampai dipelataran parkirnya yang luas. Di parkiran tersebut tersedia berbagai toko makanan dan minuman serta cinderamata yang bersifat rohani, mulai dari lilin bergambar maria dan yesus, Salib, rosario, bunga segar, dll. Untuk tempat makanan dan minumannya sepertinya 24 jam tersedia karena kami sendiri baru pulang dari Gua Maria Kerep jam 2 pagi tapi tempat itu masih ramai saja. Jajanannya mulai dari makanan ringan, tea anget, jeruk hangat, indomie, sate kelinci/ayam tersedia semua. Jadi enak makan yang hangat-hangat sambil menikmati udara berbukit di Gua Maria Kerep.

Pas saya datang ke Gua Maria Kerep udaranya sangat dingin karena sedang hujan dan karena sudah malam, lampu dibeberapa tempat dimatikan jadi tidak bisa melihat taman yang katanya bagus. Sayang sekali memang. Tapi terbayar dengan suasana hening di Gua Maria Kerep, banyak pohon yang membuat rindang, tenda-tenda dan banyak kapel-kapel kecil. Dan dibawah pohon yang rindang itu terdapat pelataran beralaskan keramik yang bisa digunakan untuk berdoa. Di dekat patung bunda maria ada sumber mata air suci yang bisa diambil. Untuk masuk ke Gua Maria Kerep ini tidak perlu membayar distribusi apapun, hanya disediakan kotak jikalau kita ingin menyumbang. Saran saya jika mau datang ke Gua Maria Kerep Ambarawa ini untuk melihat tamannya datanglah pada siang hari, jika mau mendapatkan keheningannya datanglah pada malam hari, karena pengunjungnya tidak sepadat siang hari.

2 komentar:

Rommy A mengatakan...

Wah, padahal waktu itu saya lewat ambarawa lho, sayang tdk sempat mampir ke sini. Next time deh.

nyits mengatakan...

iya bole dicoba dateng kesana sekedar menikmati dan mencari ketenangan di aktivitas kita sehari hari.