10 November 2008

Museum Bank Indonesia Jakarta


Perjalanan Street Hunting Kota Tua Jakarta ini dilanjutkan dari Museum Bank Mandiri ke Museum Bank Indonesia yang terletak tepat di sebelah kiri Museum Bank Mandiri. Gedung Museum Bank Indonesia merupakan gedung bekas peninggalan De Javasche Bank. Gedung Museum Bank Indonesia ini memiliki fasilitas yang sangat modern. Tiap ruangan memiliki tema masing-masing sehingga pengunjung dapat mengenal sejarah Bank Indonesia hingga segala jenis uang yang beredar di Indonesia. Di sebuah lorong Museum Bank Indonesia ini terdapat dinding layar yang menyajikan gambar-gambar kepingan uang logam. Gambarnya memakai tehnik sensor bayangan sehingga gambar uang logam seolah bertebaran di dinding. Tangan kita seakan dapat menangkap koin-koin tersebut. Setelah itu

Setelah itu kita diajak masuk kedalam Ruang Teater seperti gedung bioskop. Disana pengunjung diputarkan film tentang uang rupiah yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan diproduksi oleh Perum Peruri. Mulai dari proses pembuatan, peredaran hingga penghancuran uang yang beredar di masyarakat.

Setelah itu seluruh peserta diajak untuk melewati lorong Ruang Sejarah Bank Indonesia yang dipermukaan dindingnya terdapat keterangan perjalanan sejarah Bank Indonesia. Keterangan sejarahnya terkomputerisasi dengan menggunakan layar sentuh. Selain itu ada satu ruangan yang bernama Numismatik yang menyimpan berbagai uang kuno dari berbagai daerah di Indonesia dan negara lain. Setiap ruangan ada juga penjaganya yang siap menerangkan apapun pertanyaan kita.

Tidak ada komentar: