10 November 2008

Street Hunting Gedung-Gedung Kota Tua Jakarta


Tanggal 22 Juni 2008 yang lalu, saya diajak teman untuk ikut Street Hunting gedung-gedung tua di daerah KOTA dalam rangka memperingati hari jadi Kota Jakarta ke-481. Acara ini disebut Jakarta Heritage Trail “SELAMATKAN Kota Tua Jakarta!”. Yang mengadakan acara Street Hunting di Kota Tua Jakarta ini adalah Komunitas (Peduli Sejarah dan Budaya) Historia – Indonesia dan yang jadi Guidenya adalah Pak Asep Kambali. Pak Asep ini lancar sekali menerangkan daerah Kota Tua Jakarta dan menerangkannya tidak membosankan, jadi meskipun kita panas-panasan tapi tetap berasa seru. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Komunitas ini bisa kunjungi blog ini http://komunitashistoria.blogspot.com

Kita berkumpul di Banking Hall Museum Bank Mandiri (MBM) jam 7 pagi. Kegiatan yang kita lakukan di acara Street Hunting Kota Tua ini adalah Pendokumentasian Gedung-Gedung Tua, Eksplorasi Gedung-Gedung Tua, Aksi Sosial di Kota Tua (Memungut Sampah), Mengunjungi Pameran, Bazaar dan Pertunjukan Kesenian Batavia Art Festival 2008.

ROUTE
[07.00] Kumpul di Banking Hall Museum Bank Mandiri (MBM)
[07.15] Memulai perjalanan menuju ke pintu luar/ di depan gedung MBM
[07.30] Menuju Museum Bank Indonesia
[07.40] Mendengarkan Penjelasan sejarah Gedung MBI
[07.50] Tour Museum Bank Indonesia
[08.00] Menelusuri Jl. Pintu Besar Utara menuju gedung Cipta Niaga
[08.30] Tour di gedung Cipta Niaga
[09.00] Tour di Museum Sejarah Jakarta/ Fatahillah
[10.00] Acara Jakarta Heritage Trail selesai di UPT Kota Tua Jakarta.

Untuk mencapai Museum Bank Mandiri, kita bisa menggunakan bus Transjakarta Busway dari Blok M tujuan Kota. Lalu berjalan kaki ke Museum Bank Mandiri. Di daerah Kota Tua Jakarta ini juga banyak Sepeda Ontel yang digunakan jadi kalau malas mengelilingi Kota Tua ini dengan Jalan Kaki, kita bisa menyewa ojek sepeda sundung.


Acara ini 100% dilakukan dengan jalan kaki saja jadi saya memilih pakai sepatu kets dan celana panjang karena acaranya sampai siang. Meskipun acaranya GRATIS dan terbuka untuk UMUM, ternyata acara ini banyak sponsornya juga loh, saya dapet OREO dan MINUM AQUA.

Tidak ada komentar: