02 Desember 2008

Belajar Sambil Berlibur di KEBUN RAYA BOGOR





Hari Minggu kita jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor. Sebagai orang bogor , saya baru pernah tiga kali ke Kebun Raya Bogor, itupun karena diharuskan oleh Sekolah untuk mengikuti studi. Kadang-kadang dipikir ngapain juga pergi ke tempat yang cuma isinya pohon-pohon tua tapi ternyata kita bisa belajar banyak di Kebun Raya Bogor, jadi belajar sambil liburan Judulnya.

Banyak yang bisa dilihat di Kebun Raya Bogor, dari ratusan jenis tumbuhan yang berusia ratusan tahun (termasuk Raflesia Arnoldi atau yang kita kenal sebagai bunga bangkai), berbagai macam burung yang secara ”otomatis” bersarang di pohon-pohon itu serta ada juga museum zoologi dan bisa ikut tour untuk melihat istana bogor. Bagi yang pertama kali datang ke Kebun Raya Bogor suka bingung dimulai darimana jalannya, tapi kita bisa melihat peta yang ada di sekitar biar ga tersesat. Untuk mengitari Kebun Raya Bogor ini tidak cukup waktu sebentar saja, kadang kaki bisa pegal-pegal karena jarak nya jauh sekali tapi karena banyak tempat peristirahatan jadi tidak kerasa lelah juga.

Banyak saya lihat orang-orang yang datang kesini beramai-ramai hanya untuk makan siang bersama dibawah pohon sambil gelar tiker yang bisa disewa atau bawa sendiri. Tapi harus hati-hati juga kalau bawa makanan sendiri takut ada yang jatuh dari atas pohon bisa ulat atau kotoran burung. Kalau mau mengirit jangan lupa untuk bawa makanan dan tikar sendiri karena jasa penyewaan mahal dan makanan/minuman yang dijual di dalam harganya lebih mahal daripada yang diluar.

Supaya banyak orang mengunjungi Kebun Raya Bogor, kita harus jaga kebersihannya juga, kan sayang kalau banyak pengunjung dalam dan luar negeri tapi tempatnya kotor. Tapi sejauh saya lihat di Kebun Raya Bogor ini masih terpelihara, tidak banyak sampah berserakan, paling banyak rontoknya daun-daun pohon. Pintu masuk ke Kebun Raya Bogor ini yang saya tahu ada 3 tempat, di belakang kantor pos bogor(jadi parkir motor dan mobil di kantor pos), di sebelah kiri pertigaan suryakencana dan di depan IPB (disini banyak bis-bis pariwisata yang parkir karena memang disediakan bagi pengunjung Kebun Raya Bogor ini). Terakhir saya kesini ternyata PDAM bogor sudah menyiapkan air langsung minum dari keran, wah sudah seperti di Luar negeri, jadi kita bisa isi ulang air disitu deh, tempatnya agak-agak lupa soalnya luas sekali tempatnya, tiga kali saya ke Kebun Raya Bogor tidak apal-apal :P.

Di dalam Kebun Raya Bogor ada kafe yang bernama ”Kafe De Daunan”. Kalau untuk harga-harga makanan di Kafe De Daunan ini harganya mahal karena memang seperti umumnya kafe-kafe. Pemandangan yang diberikan di depan Kafe De Daunan yaitu kolam teratai dan lapangan hijau yang luas yang bisa digunakan untuk berbagai acara.
Untuk mengetahui detail tentang Kebun Raya Bogor, dapat dilihat disini. Jadi silahkan berkunjung ke Kebun Raya Bogor kalau sedang jalan-jalan ke Bogor selain bisa berkunjung ke Factory Outlet dan mencicipi makanan khas bogor :P.

Tidak ada komentar: